Topic Pencipta

Jayana

Masyarakat Sekitar Pantai Selatan Jawa Barat diharap Waspada Sunami

Khusus masyarakat sekitar pantai selatan Jawa barat agar menjauh dari pantai. Jika potensi tsunami sudah berakhir, akan kita sampaikan infonya, sekitar 2 jam yang akan datang," kata Joshua dalam pesan singkatnya, Sabtu (16/12/2017) dinihari.

Dikatakan, saat ini Tim SAR terus memantau di lapangan dan berkoordinasi dengan BMKG serta pihak terkait.

"Tim rescue standby  beserta SAR yang berada di Tasik, Pangandaran, juga Garut," kata dia.

Berdasarkan laporan dan pantauan tim di beberapa daerah, kerusakan terjadi di bangunan dan rumah warga baik di Tasikmalaya, Garut, Pangandaran, dan Ciamis.

 

"Karang Nunggal (Kabupaten Tasikmalaya) rumah banyak yang roboh," ujar dia.

"Rumah di sekitar pantai Pangandaran rusak dan hancur. Warga di sekitar pangandaran dievakuasi. Warga Cipatujah Kabupaten tasikmalaya sudah mulai mengungsi ke dataran tinggi," tambahnya. 

Menurut Joshua, berdasarkan kordinasi dengan BMKG pada pukul 01.16 WIB, status potensi tsunami belum Dicabut. "Tetap waspada dan diimbau tetap menjauh dari pantai," imbuhnya.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus dalam pesan singkatnya mengatakan, saat ini warga pangandaran menuju titik kumpul evakuasi.

"Termasuk wisatawan meninggalkan lokasi," katanya. 

Ia  mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. "Sudah disosialisasikan oleh Babinkamtibmas sama polres agar masyarakat tetap tenang," katanya.

 

Sumber : kompas

Diposting di Hot News Di Desember 17 at 10:32

Komentar (0)

Tidak login